Partisi Kaca

Partisi kaca yang biasa di pake untuk menyekat ruangan atau shopfront  toko

  1. Partisi kaca tempered
  2. Partisi kaca non Tempered
  3. Partisi Kaca tebal 10 mm
  4. Partisi Kaca tebal 12 mm
  5. Partisi Kaca dan aluminium
  6. Partisi kaca dan gypsum

Partisi Kaca

Partisi kaca adalah pembagian, penyekatan atau pemisahan ruangan yang bahan utamanya terbuat dari kaca. Kaca yang digunakan tebalnya bisa 10 mm atau 12 mm, agar lebih safety maka sebaiknya menggunakan jenis kaca tempered. Jika anggaran anda terbatas, bisa saja menggunakan kaca non tempered, tapi kami tetap menyarankan menggunakan kaca tempered agar lebih kuat dan safety.
Kelebihan Menggunakan Partisi Kaca
• Bagi rumah tinggal, partisi kaca dipakai untuk memberi kesan lapang dalam ruangan yang tidak terlalu besar. Sedangkan untuk perkantoran, penyekat kaca bisa memberikan kesan elegan dengan memperlihatkan seluruh aktivitas kantor sehingga terlihat kerapihan dan keseriusannya. Menggunakan penyekat kaca untuk rumah atau kantor juga menciptakan tampilan ruangan yang lebih cair dan lebih terasa interaksi.
• Penyekat kaca mampu memberikan pencahayaan alami pada ruangan, sebab cahaya lebih bebas untuk bisa masuk. Dengan begitu, penggunaan listrik bisa lebih hemat.
• Lebih efisein dan praktis jika dibandingkan harus membuat penyekat dari tembok.
• Partisi kaca juga mampu membuat ruangan menjadi kedap suara sehingga bisa memberikan privasi. Untuk hal ini, diperlukan jasa pemasangan partisi kaca yang sudah berpengalaman agar pemasangannya tepat.

Partisi Kaca Frameless

Partisi Kaca Frameless saat ini banyak digunakan sebagai penyekat ruangan. Sebab dengan menggunakan jenis partisi kaca ini ruangan akan tampak lebih bersih dan elegan. Sesuai dengan namanya frameless adalah system pemasangan kaca tanpa menggunakan rangka. Kaca hanya ditanam di lantai, tembok maupun di dak beton.
Pengunaan jenis partisi kaca ini sebagian besar adalah untuk Partisi Kaca Kantor. Namun selain digunakan di perkantoran banyak juga dipakai untuk penyekat ruangan bank, ruko bahkan untuk rumah tinggal. Sesuai dengan fungsinya Partisi Kaca Frameless ini sebenarnya lebih cocok digunakan untuk meeting area.
Hal penting yang harus kita perhatikan jika ingin menggunakan Partisi Kaca Frameless ini adalah dari segi keamanan. Karena jenis partisi kaca ini banyak digunakan untuk ruangan public area maka faktor keamanan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Dalam hal ini sebagai contoh adalah keamanan terhadap beberapa benturan, keamanan perkuatannya serta keamanan dalam daya tahan.
Partisi Kaca Frameless atau sering juga disebut Partisi Kaca Kantor sebaiknya material utama yang harus menjadi perhatian kita adalah jenis kaca yang akan dipakai. Pakailah jenis kaca tempered agar lebih aman digunakan untuk membuat Partisi Kaca. Jenis kaca tempered ini memiliki daya tahan terhadap benturan beberapa kali lipat dibandingkan kaca biasa.
Kaca Tempered adalah salah satu jenis kaca dari sekian banyak jenis kaca yang biasa digunakan untuk jendela, pintu, dan partisi. Jenis kaca ini dibuat dari kaca float berkualitas tinggi melalui proses pemanasan thermal di mana kaca dipanaskan sampai pada titik lunak kemudian didinginkan dengan cepat. Dengan proses pendinginan yang cepat membuat kaca memiliki kelenturan dan kekuatan yang baik terhadap tekanan di kedua sisi permukaan kaca. Kaca jenis Tempered memiliki kekuatan 4-5 kali lebih baik dibandingkan kaca biasa dengan ketebalan yang sama. Kaca Tempered banyak digunakan pada bangunan untuk: Pintu Kaca, Ralling Tangga/Balkon, Partisi, Canopy Kaca, dan Pintu Shower Kamar Mandi.
Metode tempering kaca pertama kali dikembangkan oleh Francois Barthelemy Alfred Royer de la Bastie dari Paris pada tahun 1830-1901, sehingga tidak aneh jika Kaca Tempered juga dikenal dengan sebutan dengan Bastie glass. Metode tempering kaca selanjutnya dikembang oleh orang Jerman bernama Fredreich Siemans pada tahun 1877, dengan pengembangan proses yang berbeda mampu menghasilkan Kaca Tempered yang lebih kuat dari sebelumnya.
Seluruh metode untuk membuat Kaca Tempered dipatenkan pertama kali oleh seorang kimiawan bernama Rudolph A. Seiden yang lahir pada tahun 1900 di Austria dan berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1935.

Kelebihan Kaca Tempered

Kelebihan Kaca Tempered dibandingkan dengan kaca biasa dengan ketebalan yang sama adalah:
• Kaca jenis ini memiliki kekuatan terhadap benturan 4-5 kali lipat dari kaca biasa.
• Kaca Tempered diklasifikasikan sebagai kaca dengan tingkat pengaman/safety yang baik. Ketika pecah kaca akan menjadi pecahan kecil yang tidak tajam, sehingga mengurangi resiko terjadinya cedera serius.
• Kaca jenis tempered lebih tahan terhadap perubahan suhu/thermal. Apabila terjadi pemanasan, bagian tepi kaca masih relatif dingin sehingga dapat mengurangi pemuaian kaca. Hal ini menyebabkan kaca menjadi tidak mudah pecah karena perubahan suhu.

Kekurangan Kaca Tempered

Kaca Tempered bukan berarti tidak memiliki kekurangan, berikut beberapa kekurangan dari kaca jenis tempered:
• Jenis Kaca Tempered tidak bisa dipotong, berbeda dengan kaca biasa yang apabila terjadi salah ukuran bisa dilakukan pemotong. Untuk kaca jenis Tempered tidak bisa, apabila dipaksakan akan berakibat pecahnya seluruh bagian kaca.
• Retakan kecil pada bagian kaca bisa merambat ke seluruh bagian kaca yang berakibat kaca akan hancur total.
• Kaca tidak bisa dibor atau dilubangi. Proses membuat lubang atau coakan dilakukan sebelum proses tempering.

Disamping itu jika terjadi pecah maka jenis Partisi Kaca Tempered ini tidak membahayakan bagi orang-orang disekitarnya. Mungkin beberapa dari anda sudah mengetahui apa itu jenis kaca tempered. Bagi yang belum tahu kami jelaskan bahwa kaca tempered adalah kaca yang dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi kemudian didinginkan dengan secara tiba-tiba. Sehingga terbentuk kaca yang lebih keras dibandingkan kaca biasa.

Partisi Kaca Frameless ini dalam penggunaannya tak lepas dari pasangannya yaitu pintu kaca frameless. Untuk jenis pintu kaca lebih baik bahan yang dipakai adalah kaca tempered. Karena penggunaan pintu ini lebih sering dibuka maupun ditutup. Tentunya untuk menjaga faktor keamanannya, karena biasanya untuk area pintu sering terkena benturan dari barang-barang yang keluar masuk. Disamping itu berbicara mengenai Partisi Kaca Frameless atau sering juga disebut Partisi Kaca Kantor tidak terlepas pula dari penggunaan jenis material pendukungnya. Seperti lem sealant untuk sambungan kaca maupun rangka channel U aluminium.

Sedangkan untuk Partisi Kaca Kantor ketebalan kaca cukup digunakan dengan ketebalan yang standard saja. Atau jika ingin lebih keamanan gunakanlah kaca dengan ketebalan 12 mm. Penggunaan stiker atau kaca film yang ditempel dikaca juga memberikan keamanan tersendiri, pada saat terjadi kaca pecah butiran kaca sebagian besar masih menempel pada kaca film.
Partisi Kaca Alumunium
Partisi aluminium berfungsi sebagai penyekat ruangan dimana bahan yang digunakan adalah bahan aluminium dan kaca. Partisi kaca aluminium biasa digunakan oleh perkantoran untuk menyekat ruangan agar para pegawai nyaman dan konsentrasi kepada pekerjaannya, dengan kaca sebagai dinding partisi membuat ruangan pegawai menjadi tembus pandang sehingga pegawai tetap bisa termonitor. Desainnya yang simple dan modern serta kokoh membuat tampilan kantor menjadi lebih elegan.

Sama halnya dengan partisi kaca frameless, hanya saja sistem yang digunakan berbeda dengan partisi kaca frameless’ karena pada sistem non frameless kaca ditanam di kusen alumunium. Kekuatan dari partisi nonframeless terletak pada rangka (frame) dan kaca yang digunakan. Tidak seperti partisi kaca frameless yang menitik beratkan kekuatan pada jenis dan ketebalan kaca, partisi kaca non frameless menitik beratkan kekuatan dan keselamatan pada 2 jenis material Pendukungnya yaitu pada rangka dan kaca itu sendiri.
Kelebihan Partisi Aluminium

Selain kekuatan dan desainnya, kelebihan lain dari partisi aluminium adalah praktis, sistemnya membuat mudah dipasang dan dibongkar sehingga memudahkan untuk dipindah-pindah. Bagi kantor yang sering melakukan bongkar pasang ruangan, maka pilihan ini merupakan pilihan yang tepat.

Dalam pembuatan partisi kaca alumunium memerlukan 2 komponen utama dan beberapa komponen pendukung yaitu :
1. Rangka Alumunium
2. Kaca.
Material Kaca dalam partisi kaca alumunium dapat berjenis kaca tempered atau non tempered dan ketebalan yang bervariasi tergantung dari luas bidang dan selera dari pengguna dengan tidak mengesampingkan masalah keselamatan dan kekuatan partisi kaca alumunium tersebut

frameless-glass-7

0 comments on “Partisi Kaca
1 Pings/Trackbacks for "Partisi Kaca"

Leave a Reply